Asuransi Online

Peran Asuransi dalam Melindungi Assets Perusahaan

Peran Asuransi

Dalam Melindungi Assets Perusahaan

Kita semua menyadari bahwa di dunia ini kita akan selalu menemui ketidakpastian, dimana ketidakpastian itu akan mengakibatkan adanya resiko bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Resiko timbul karena adanya ketidakpastian akan terjadinya peristiwa / hal-hal / musibah yang akan menyebabkan kerugian, yang berarti bahwa ketidakpastian itu merupakan kondisi yang menyebabkan tumbuhnya resiko.

Sehubungan dengan kenyataan tersebut, semua orang seharusnya selalu berusaha untuk menanggulanginya, artinya berupaya untuk meminimumkan ketidakpastian, agar kerugian yang ditimbulkan dapat dihilangkan atau paling tidak diminimalisir sehingga hidup menjadi lebih tenang.

Dari sisi bisnis / usaha, tentunya kita akan selalu berusaha agar perjalanan bisnis kita berjalan dengan sehat dengan berbagai cara. Dalam dunia management bisnis yang sehat, ada satu faktor yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan yaitu pengelolaan terhadap resiko-resiko yang ada dan yang mungkin timbul. Prinsip dasar dari pengelolaan resiko adalah meminimalkan akibat-akibat merugikan dari resiko-resiko yang ada dan yang mungkin timbul.

Tanpa perhatian dan penanganan yang baik terhadap pengelolaan resiko, yang disesuaikan dengan tingkat skala usaha, maka apabila terjadi resiko yang berbahaya akan bisa berakibat sangat fatal terhadap kelangsungan hidup usaha, bahkan membuat institusi bisnis yang ada hancur.

Salah satu mekanisme pengelolaan resiko adalah pengelolaan terhadap resiko-resiko yang dapat mengakibatkan kerugian secara financial. Terdapat dua cara penanggulangan resiko secara financial tersebut, dimana pada intinya kedua cara tersebut adalah dengan menyediakan / mengeluarkan dana. Cara tersebut adalah dengan :

  1. Risk Retention, yaitu perusahaan menanggung sendiri resiko yang dihadapi dengan memutuskan secara sadar untuk tidak memindahkan kerugian potensial tersebut ke pihak lain, tetapi diperhitungkan sebagai biaya tak terduga.
  2. Risk Financing Transfer, yaitu memindahkan resiko dengan pembiayaan atau pengeluaran sejumlah uang tertentu untuk membayar apa yang disebut dengan premi ke pihak lain, yaitu perusahaan asuransi sebagai penerima pengalihan resiko tersebut.

Dari kedua cara di atas, cara yang banyak dilakukan oleh perusahaan karena efisiensi dan efektifitasnya adalah dengan cara kedua yaitu dengan berasuransi.

Popular

You are here: Home Info Asuransi Peran Asuransi dalam Melindungi Assets Perusahaan